Asistensi Pemantapan Penyusunan Proposal Inovasi Pelayanan Publik

Dalam rangka mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2018, Bagian Organisasi kembali melakukan pembinaan. Acara Asistensi tanggal 7 Juni 2018 yang bertempat di Ruang 13 Sekretariat Daerah kali ini lebih fokus kepada 12 proposal inovasi pelayanan publik perangkat daerah yang telah masuk ke Bagian Organisasi.

Pada kesempatan ini Bp. Redhi Setiadi, dari Transformasi GIZ selaku konsultan inovasi pelayanan publik memberikan penjelasan singkat tentang penulisan proposal yang baik. Selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk memaparkan inovasinya dan mendapatkan review dari narasumber.

Diharapkan dari kegiatan ini, diperoleh proposal inovasi pelayanan publik Pemerintah Kota Madiun yang layak untuk diikutkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2018.

Menulis Proposal Inovasi-REDHI

Sosialisasi Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah kembali melaksanakan sosialisasi reformasi birokrasi dimana terdapat perubahan atas Road Map Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Madiun tahun 2015-2019.

Beberapa perubahan terkait penyesuaian dengan perubahan RPJMD dan perubahan struktur organisasi di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun menjadi alasan perubahan dokumen Road Map tersebut.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2018 di Ruang 13 Sekretariat Daerah dibuka oleh Walikota Madiun dan dihadiri oleh Wakil Walikota, Kepala Perangkat Daerah dan pejabat perencanaan di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun. Melalui acara ini Walikota Madiun mengharapkan dukungan dari seluruh peserta untuk melaksanakan Road Map yang telah disusun.

Dalam kesempatan ini konsultan PT. KOKEK Alinda Vera menjelaskan beberapa poin perubahan yang ada di Road Map. Sosialisasi ini juga menjelaskan kondisi pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah berjalan sejak tahun 2015 sampai sekarang. Irban Wilayah II Inspektorat sebagai pemateri kedua juga memberikan penekanan pada area perubahan yang perlu mendapatkan perhatian, yang terlihat dari nilai beberapa indikator PMPRB. Diharapkan tujuan dan sasaran reformasi birokrasi di Kota Madiun dapat tercapai pada tahun 2019 nanti.

 

 

 

Kunjungan Lapangan Tim Juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2017 ke Kota Madiun

Kunjungan Lapangan Tim Juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2017 ke Kota Madiun pada hari Selasa, tanggal 24 Oktober 2017 berjalan lancar karena mendapatkan dukungan dari semua pihak.

Sebelumnya, SDN 02 Mojorejo Madiun dengan inovasinya DOPARI SAKATU dan SDN 05 Madiun Lor Madiun dengan inovasinya GO HOME telah berhasil masuk dalam TOP 35 Inovasi dalam Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2017. Berbagai tahapan telah dilalui, berawal dengan pengiriman online proposal inovasi di website http://jipp.jatimprov.go.id dan presentasi inovasi di hadapan Tim Juri. Dalam mengikuti kompetisi ini pihak sekolah selalu difasilitasi oleh Bagian Organisasi Setda Kota Madiun terutama tentang cara penulisan proposalnya dan Dinas Pendidikan tentunya untuk pengembangan inovasinya.

Inovasi DOPARI SAKATU atau Dongeng di Pagi Hari Setiap Selasa, Kamis dan Sabtu merupakan inovasi sekolah berbasis literasi yang juga mengedepankan pendidikan karakter. Sedangkan Inovasi GO HOME merupakan inovasi alat komunikasi pengganti handphone yang dapat digunakan siswa di lingkungan sekolah untuk menghubungi orang tuanya mengingat siswa sekolah dasar dilarang  membawa handphone di lingkungan sekolah, disamping itu isu rawan penculikan menjadi alasan utama adanya inovasi GO HOME.

Rombongan Tim Juri dan pendamping yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Mitra Kerja Pembangunan Pemprov Jatim berjumlah 8 orang melaksanakan kunjungan pertamanya di SDN 02 Mojorejo Madiun kemudian ke SDN 05 Madiun Lor. Selama kunjungan Tim Juri melihat secara langsung pelaksanaan DOPARI dan penggunaan aplikasi GO HOME serta memberikan beberapa pertanyaan untuk melengkapi data yang mereka butuhkan. Tambahan data dan informasi hasil kunjungan lapangan ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan TOP 25 Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur Tahun 2017.

 

 

EVALUASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2017

Kunjungan Tim Evaluasi Pelayanan Publik di salah satu UPTD (UPTD Puskesmas Banjarejo)
Kunjungan Tim Evaluasi Pelayanan Publik di salah satu OPD (Dinas Perhubungan)

Mendapatkan pelayanan publik yang baik merupakan harapan utama masyarakat Kota Madiun. Pemerintah Kota Madiun berkewajiban untuk mewujudkan harapan tersebut. Oleh karena itu, Bagian Organisasi Setda Kota Madiun selaku instansi yang memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pembinaan dan evaluasi pelayanan publik, pada tahun ini melaksanakan evaluasi dan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan publik seluruh OPD.

Continue reading EVALUASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2017

BIMBINGAN TEKNIS KELOMPOK BUDAYA KINERJA PEMERINTAH KOTA MADIUN

Dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan maka diperlukan perubahan pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) di lingkungan Pemerintah Kota Madiun menjadi budaya kinerja yang mengembangkan sikap dan perilaku kerja yang berorientasi pada hasil (outcome) yang diperoleh dari produktifitas kerja dan kinerja yang tinggi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 39 Tahun 2012 dan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 75 Tahun 2014

Continue reading BIMBINGAN TEKNIS KELOMPOK BUDAYA KINERJA PEMERINTAH KOTA MADIUN

Partisipasi Pemkot Madiun dalam Gelar Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur 2017

Pemerintah Kota Madiun turut berpartisipasi dalam event Gelar Pameran dan Simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 2017 yang diselenggarakan mulai tanggal 18 s.d. 20 Mei 2017 bertempat di Gelora Joko Samudro Gresik. Acara yang diikuti oleh seluruh instansi Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, instansi Provinsi Jawa Timur, Kementerian dan beberapa instansi vertikal berlangsung dengan meriah. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dr. Asman Abnur, SE, M.Si, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan pejabat penting lainnya.

Continue reading Partisipasi Pemkot Madiun dalam Gelar Pameran Pelayanan Publik Jawa Timur 2017