EVALUASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2017

Kunjungan Tim Evaluasi Pelayanan Publik di salah satu UPTD (UPTD Puskesmas Banjarejo)
Kunjungan Tim Evaluasi Pelayanan Publik di salah satu OPD (Dinas Perhubungan)

Mendapatkan pelayanan publik yang baik merupakan harapan utama masyarakat Kota Madiun. Pemerintah Kota Madiun berkewajiban untuk mewujudkan harapan tersebut. Oleh karena itu, Bagian Organisasi Setda Kota Madiun selaku instansi yang memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pembinaan dan evaluasi pelayanan publik, pada tahun ini melaksanakan evaluasi dan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan publik seluruh OPD.

Evaluasi pelayanan publik yang dilaksanakan mulai pertengahan bulan April sampai dengan bulan Juni 2017 ini dilaksanakan oleh Tim Evaluasi Pelayanan Publik. Dimana anggota tim berasal dari internal Bagian Organisasi. Sebanyak 29 OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun termasuk beberapa UPTD sampling menjadi obyek evaluasi tersebut. Tim secara khusus mengunjungi masing-masing OPD, melakukan pengamatan, pengecekan dokumen pelayanan publik, wawancara dan dokumentasi tentang pelaksanaan pelayanan publiknya.

Ada beberapa indikator evaluasi pelayanan yang dinilai, yaitu Standar Pelayanan (SP), standar Operasional Prosedur (SOP), pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), keberadaan Maklumat Pelayanan, pengelolaan pengaduan, penggunaan sistem informasi pelayanan publik, kesiapan sarana dan prasarana, petugas pelayanan dan inovasi pelayanan publik. Dari indikator-indikator tersebut, masing-masing OPD akan mendapatkan skor sesuai dengan implementasi pelayanan publik di lapangan.

Saat ini Tim Evaluasi sedang menyusun laporan dari hasil kunjungan tersebut. Laporan akan berisi kondisi riil pelaksanaan pelayanan publik di lapangan, hasil analisa berupa kesimpulan dan saran perbaikan, serta penilaian (skor nilai) evaluasi pelayanan publik. Selanjutnya bagi 3 (tiga) OPD yang memiliki nilai terbaik akan mendapatkan penghargaan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu semua OPD untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

Kunjungan Tim di salah satu OPD (Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)