Pembinaan Kelompok Budaya Kinerja di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun Tahun 2019

Dipublikasikan oleh Bagian Organisasi Pemkot Madiun pada

Dalam rangka penerapan Reformasi Birokrasi, Bagian Organisai Sekretariat Daerah Kota Madiun melaksanakan Kegiatan Pembinan Kelompok Budaya Kinerja di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun. Dalam hal ini adalah perubahan pola pikir (mind-set dan budaya kerja (culture-set) birokrasi yaitu pola pikir yang mendukung birokrasi yang efesien, efektif, produktif dan profesional dan juga benar-benar memiliki pola pikir yang melayani masyarakat, kinerja yang baik serta berorientasi pada hasil (outcomes).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 26-27 Februari 2018 yang diikuti oleh 203 peserta slotjitu yang terdiri dari pejabat struktural dan staf Perangkat Daerah, Puskesmas dan Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun dengan narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dan praktisi dari PT. Semen Indonesia

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kinerja birokrasi melalui kelompok budaya kinerja (KBK). Budaya kinerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Adapun manfaat dari Budaya Kinerja adalah :

1. Meningkatkan produktivitas kerja dengan kualitas yang lebih baik.

2. Membuka seluruh jaringan komunikasi.

3. Menumbuhkan keterbukaan, kebersamaan dan kerjasama dengan sesama karyawan.

4. Menumbuhkan rasa nyaman dan kepuasan dalam bekerja.

5. Mempercepat penyesuaian diri dengan perkembangan dari luar
(eksternal), misalnya tuntutan pelanggan slot gacor, kemajuan ilmu        pengetahuan dan teknologi informasi komunikasi yg pesat    

Kegiatan Pembinaan KBK ini akan dilanjutkan dengan penyusunan Risalah KBK oleh masing-masing perangkat daerah yang nantinya akan diseleksi dalam kompetisi Risalah KBK Tingkat Kota Madiun. Dan Risalah KBK yang terpilih di Tingkat Kota Madiun akan diikutsertakan dalam kompetisi Risalah KBK tingkat Provinsi Jawa Timur.